Jumat, 11 Oktober 2019

Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman

Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman - Slime merupakan mainan yang tengah digandrungi oleh kawula muda saat ini. Slime memiliki bentuk cairan kental seperti jelly atau lendir pekat dengan warna-warni cerah. Slime merupakan mainan unik yang terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan dan biasanya ditambahkan larutan polivinil alkohol dan ion borat.

Slime sendiri sudah ada sejak lama, namun baru populer tahun belakangan ini. Mainan kenyal ini memiliki banyak ragam dan warna. Ketika tengah populer, orang-orang beramai-ramai membelinya. Salah satu alasannya untuk penyalur emosi atau sekadar mainan di kala bosan.

Kata kebanyakan orang, slime digunakan untuk pereda emosi. Bentuknya yang kenyal membuat orang gemas untuk terus meremas-remasnya sehingga emosi dapat tersalurkan. Tidak hanya itu slime juga berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan atau bosan. Cukup dengan memainkan slime dengan meremas-remas maka rasa bosan pun akan tersalurkan.
Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman

Maraknya slime ini kemudian membuat orang juga mulai berpikir untuk membuatnya sendiri daripada beli. Bagi kamu yang ingin membuat slime, berikut liputan6.com rangkum cara membuat slime dengan shampoo dan sabun yang simple serta enggak mahal.

Cara membuat slime dengan sampo


Bahan yang harus disiapkan
Cara membuat slime yang pertama adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya: sampo, sabun mandi atau cuci cair, garam, mangkuk, sendok dan freezer. Serta jangan lupa untuk menyiapkan 280 gram tepung maizena, 120 milliliter sampo, 6 sendok makan (90 mililiter) air, Pewarna makanan (opsional), Glitter (opsional).

Cara membuat slime dengan sampo
1. Tuang sampo kental ke dalam wadah kecil. Pilihlah sampo dengan konsistensi yang kental. Sampo berwarna putih atau nontransparan dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Keluarkan sekitar 2 sendok makan atau dua kali tekan (30 ml) sampo ke dalam wadah kecil. Serta tambahkan 1-2 tetes pewarna makanan.
2. Tambahkan pasta gigi. Pasti gigi memberikan sedikit aroma min sehingga sampo beraroma min akan menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan sampo beraroma buah. Tambahkan pasta gigi dengan takaran seperempat dari banyaknya sampo yang digunakan. Satu sendok teh pasta gigi dirasa sudah cukup.
3. Aduk kedua bahan sekitar satu menit.
4. Jika sampo dan pasti gigi dirasa kurang. Kamu bisa menambahkan kembali sampo atau pasta gigi dan aduk kembali bahan-bahan.
5. Dinginkan slime selama 10-60 menit. Jika slime masih terasa terlalu encer, bekukan kembali selama sekitar 50 menit.
6. Keluarkan slime dari lemari pembeku. Giling dan remas adonan menggunakan jari hingga teksturnya kembali terasa lembut dan elastis.
7. Selamat mencoba.

Cara membuat slime dengan sabun

1. Masukan shampoo dan sabun ke dalam wadah mangkuk dengan perbandingan 2:1.
2. Aduk keduanya sampai rata dan tambahkan sekitar 5 tetes obat sariawan (GOM) atau obat tetes mata Insto sebagai slime activator.
3. Aduk terus sampai adonan mulai menggumpal.
4. Tambahkan pewarna makanan sekitar 2 tetes ke dalam adonan dan aduk lagi sampai warnanya rata.
5. Dinginkan dan simpan adonan selama 10 menit dalam freezer.
6. Slime sudah bisa kamu mainkan.
Cara membuat slime yang mudah tanpa lem dan borax

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan diantaranya : Air bersih 400 ml, tepung kanji 2 gelas, pewarna makanan 2 dan minyak goreng 150 g.

Cara membuat slime yang mudah



Cara membuat slime tanpa lem dan borax
1. Masukkan tepung kanji ke dalam wadah (baskom) lalu tambahkan air perlahan-lahan sambil diaduk (tangan atau sendok) agar tidak menggumpal.
2. Tambahkan minyak goreng, sampai dirasa kenyalnya pas.
3. Tambahkan pewarna ke dalam adonan.
4. Aduk hingga merata
5. Dinginkan selama minimal 10 menit
6. Slime tanpa lem dan borax sudah bisa kamu gunakanan. Gampang kan.

Cara membuat slime dari lem povina


Lem povinal atau lem Fox merupakan lem biasa yang ada di rumah untuk kebutuhan sehari-hari. Jika kamu punya lem povinal sisa di rumah kamu sudah bisa membuat slime dari lem tersebut. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan diantaranya: Lem povinal 5 botol, air gelas, baking powder secukupnya, 2 pewarna makanan.

Cara membuat slime dari lem povina :
1. Masukkan lem povinal ke dalam wadah (baskom) lalu tambahkan air secara perlahan sambil diaduk.
2. Tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan sambil tetap diaduk.
3. Pindahkan slime ke dalam wadah tertutup. Diamkan selama 30 menit. Slime siap dimainkan.
4. Selain lem povinal, Anda juga dapat menggunakan lem fox untuk membuat slime.

Nah itulah cara membuat slime dengan sampo dan sabun. Gimana gampang dan praktis kan? Jadi kamu tidak perlu membeli lagi dan cukup buat sendiri dengan bahan-bahan yang ada disekitar rumah.

Beberapa waktu lalu media sosial memunculkan tren yang banyak digandrungi orang. Baik dari anak kecil, remaja bahkan hingga orang dewasa. Salah satu mainan yang tren dari media sosial tersebut adalah slime. Tak hanya di Indonesia ternyata permainan ini juga banyak dimainkan oleh orang-orang di negara lain.

Slime adalah sebuah mainan unik yang terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan kenyal seperti jelly dan biasanya ditambahkan larutan polivinil alkohol dan ion borat. Slime banyak dijual di toko-toko mainan. Bahkan saat menjadi tren yang dicari banyak orang, slime banyak dijual di berbagai tempat seperti mall dan supermarket.

Walaupun menjadi tren dan mudah didapatkan, sebagian orang justru ingin membuatnya sendiri. Jika kamu menjadi salah satu yang ingin membuat slime sendiri, ada banyak bahan yang bisa kamu jadikan untuk membuat slime yang aman dan mudah didapatkan.

Lem povinal

Lem povinal adalah lem yang biasa digunakan untuk menempelkan kertas. Karakteristik dari lem povinal yang berwarna bening dan juga cair menjadikan jenis lem povinal ini cukup dikenal banyak orang. Jika kamu tak memiliki lem povinal, kamu cukup mencarinya di toko alat tulis, minimarket atau di tempat fotokopi terdekat.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019) ada cara membuat slime dengan lem povinal dan bahan lem UHU yang bisa kamu gunakan untuk membuat slime sendiri di rumah.

Cara membuat slime dengan lem povinal Menggunakan lem povinal karena teksturnya yang cair dan bening membuatnya mudah digunakan untuk bahan pembuatan slime. Mudah dibentuk dan dimodifikasi.

Sebelum mengetahui cara membuat slime dengan lem povinal, ada baiknya kamu persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan, antara lain:

- 1 botol lem povinal
- Obat sariawan atau obat tetes mata sebagai slime activator
- Pewarna makanan sesuai seleramu
- Wadah dan pengaduk
- Kain lap

Cara membuat slime dengan lem povinal, dapat kamu simak langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Siapkan wadah yang bersih lalu tuang 1 botol lem povinal.
2. Kemudian tambahkan obat sariawan atau obat tetes mata sebanyak 3 tetes kedalam wadah bersisi lem tersebut sambil diaduk secara perlahan.
3. Aduk terus hingga adonan mengental dan tercampur dengan rata sekitar 10 menit. Lem povinal akan menjadi kental jika terus diaduk.
4. Saat adonan sudah mulai mengental, masukkan pewarna makanan secukupnya dengan warna sesuai dengan keinginanmu.
5. Aduk hingga rata.
6. Selesai.

Slime buatanmu sudah siap untuk dimainkan. Bagaimana, mudah bukan cara membuat slime dengan lem povinal? Kamu bisa membuatnya dengan berbagai warna atau kamu bisa kombinasikan warna lain dan glitter agar menjadi slime yang memiliki warna menarik.

Cara membuat slime dengan lem povinal dan deterjen Selain cara di atas, ada juga cara membuat slime dengan lem povinal yang dicampur dengan deterjen. Cara ini akan membuat slime buatanmu memiliki aroma yang wangi. Bahan-bahan yang diperlukan:

- Lem povinal
- Deterjen cair
- Pewarna makanan
- Wadah dan pengaduk
Cara membuat slime dengan lem povinal dan deterjen, dapat kamu lihat langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Tuangkan lem povinal pada wadah yang sudah disiapkan.
2. Lalu masukkan deterjen cair dengan cara perlahan-lahan pada lem povinal yang terus diaduk perlahan.
3. Saat slime sudah dirasa mengental, rendam adonan slime tersebut ke dalam air bersih selama 3 menit.
4. Lalu angkat slime dan siap dimainkan.
5. Selesai.

Cara membuat slime dengan lem UHU


Jika kamu tak memiliki lem povinal, kamu juga bisa membuat slime dengan lem UHU. Cara membuat slime dengan lem povinal dan lem UHU terdapat sedikit perbedaan. Jika kamu menggunakan lem povinal, maka kamu membutuhkan obat sariawan atau obat tetes mata sebagai GOM.

Namun cara membuat slime dengan lem UHU, kamu tidak perlu menggunakan bahan tersebut. Hal tersebut karena di dalam lem UHU sudah terdapat kandungan borax. Bahan yang perlu kamu siapkan antara lain:

- Lem UHU
- Sabun cuci piring cair
- Pewarna makanan
- Wadah dan pengaduk

Cara membuat slime dengan lem UHU, dapat kamu ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Tuang lem UHU kedalam wadah yang bersih.
2. Lalu masukkan sabun cuci piring cair sebanyak 10 sendok makan.
3. Aduk lem UHU dan sabun cuci piring tersebut hingga rata dan mengental, sekitar 10 menit. Jika sabun cuci piring tak bisa menyatu, kamu bisa tekan menggunakan tangan dengan bantuan tisu jika diperlukan.
4. Lalu tambahkan pewarna makanan secukupnya atau sekitar 4 hingga 5 tetes, kemudian aduk kembali hingga merata sempurna.
5. Selesai.

Slime buatanmu dari bahan lem UHU sudah siap dimainkan.

Demikian cara membuat slime dengan lem povinal dan lem UHU yang bisa kamu praktikan dengan mudah di rumah. Dengan cara diatas, kamu bisa memiliki slime sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya karena bahannya mudah didapatkan di rumah.

Selain game online, permainan yang sangat disukai generasi millennial saat ini yakni slime. Mainan unik, terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan.

Di dalam slime ini biasanya ditambahkan larutan polivinil alkohol dan ion borat. Dengan bentuknya yang kenyal, slime bisa digunakan untuk meredakan emosi dengan cara meremas-meremasnya.

Selain itu, slime juga berfungsi untuk menghilangkan kebosanan, terutama untuk pelajar dan mahasiswa.

Jika merasa bosan dengan penjelasan guru atau dosen, bisa meremas-remas slime untuk menyalurkan rasa bosan.

Slime sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi baru tren pada beberapa tahun belakangan ini.

Sebagai mainan kenyal, slime memiliki macam dan warna yang beragam. Karena itu slime laris dan banyak yang berlomba untuk membelinya.

Namun maraknya slime ini mendorong sebagian orang untuk membuat slime sendiri daripada membelinya.

Buktinya, masih banyak yang mencari cara membuat slime clear, slime activator, atau jelly slime.

Tidak hanya itu, ada juga sebagian orang yang mencari cara membuat slime dari shampoo.

Sedangkan cara membuat slime menggunakan borax dan lem merupakan cara umum yang sering dipakai oleh orang-orang.

Namun, Sahabat Dream yang ingin mengetahui cara membuat slime yang lebih aman dan mudah, berikut ini penjelasannya.

Di sini kamu akan mempelajari cara membuat slime yang lebih aman dan mudah yang terdiri dari:

Cara membuat slime tanpa lem dan borax
Cara membuat slime dari lem fox
Cara membuat slime dari lem povinal
Cara membuat slime clear

Selain itu, Dream juga akan menjelaskan cara membuat slime activator beserta penjelasannya.

Cara Membuat Slime yang Lebih Aman dan Mudah


Sebagian orang hanya mengenal cara membuat slime dengan lem dan borax. Namun, kali ini Dream akan menyajikan cara membuat slime tanpa lem dan borax.

Seperti kita ketahui, borax adalah mineral yang biasa dijual sebagai produk pembersih. Meski hanya menyebabkan iritasi ringan, tapi bisa berbahaya jika terpapar terus-terusan.

Karenanya, sekarang Dream akan menjelaskan cara membuat slime tanpa lem dan borax yang lebih aman dan mudah.

1. Cara membuat slime tanpa lem dan borax dengan mudah

Bahan yang diperlukan:
Air bersih 400 ml
Tepung kanji 2 gelas
Pewarna makanan 2 sdt (Warna sesuai yang diinginkan)
Minyak goreng 150 g

Cara membuat slime tanpa lem dan borax:
Masukkan tepung kanji ke dalam wadah (baskom) lalu tambahkan air perlahan-lahan sambil diaduk (tangan atau sendok) agar tidak menggumpal.
Tambahkan minyak goreng, sampai dirasa kenyalnya pas.
Tambahkan pewarna ke dalam adonan.
Ternyata mudah bukan cara membuat slime tanpa lem dan borax? Tetapi masih ada cara membuat slime sendiri di rumah.


Setelah tahu cara buat slime tanpa lem dan borax, saatnya mengetahui cara membuat slime dengan menggunakan lem.

2. Cara membuat slime dengan lem povinal


Lem povinal adalah jenis lem yang biasa kita temui di rumah sehari-hari. Jika Sahabat Dream punya lem povinal sisa di rumah, silakan baca terus cara membuat slime dengan lem povinal ini.

Bahan yang diperlukan:

Lem povinal 5 botol
Air gelas
Baking powder secukupnya
Pewarna makanan 2 sdt

Cara membuat slime dengan lem povinal:
Masukkan lem povinal ke dalam wadah (baskom) lalu tambahkan air secara perlahan sambil diaduk.
Tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan sambil tetap diaduk.
Pindahkan slime ke dalam wadah tertutup. Diamkan selama 30 menit. Slime siap dimainkan.
Hmm.. cukup mudah bukan cara membuat slime dengan lem povinal di rumah? Selain lem povinal, kamu juga dapat menggunakan lem fox untuk membuat slime.

3. Cara membuat slime dengan lem fox


Sama dengan lem povinal, lem fox juga biasa ditemui di rumah-rumah dan mudah dibeli di toko-toko. Jika tidak punya lem povinal, bisa menggunakan cara membuat slime dengan lem fox.
Bahan yang diperlukan:
Lem fox 3 sdm
Air 3 sdt
Obat tetes mata 8 tetes
Baking powder 1 sdt
Baby oil sdt
Sabun cair sdt
Pewarna makanan 1 sdt

Cara membuat slime dengan lem fox:
Masukkan lem fox ke dalam wadah (baskom) dan air bersih sambil diaduk rata.
Tambahkan baking powder ke dalam adonan. Aduk hingga rata.
Tambahkan obat tetes mata, sabun cair, dan pewarna makan sambil diaduk. Aduk hingga rata.
Tambahkan baby oil sambil diaduk. Aduk hingga rata.
Ternyata, cara membuat slime dengan lem fox mudah juga, ya. Nah, selanjutnya kita akan membahas cara membuat slime clear. Slime clear adalah jenis slime yang tidak berwarna alias jernih.


4. Cara membuat slime clear


Slime clear adalah jenis slime yang tidak berwarna alias jernih. Cara membuat slime clear pun juga mudah.

Bahan yang diperlukan:
Lem bening (jangan pakai UHU)
Garam
Air hangat
Gom
Slime Activator

Cara membuat slime clear:


Masukkan lem ke dalam wadah (baskom), tambahkan garam, lalu tambahkan air hangat baru kemudian di aduk hingga garam larut.
Tambahkan gom ke dalam 2-3 tetes, aduk hingga rata dan sedikit menggumpal. Jika belum menggumpal tambahkan gom.
Tambahkan 1-2 tetes slime activator atau hingga slime tidak menempel pada wadah.
Sekarang Sahabat Dream sudah menguasai 4 cara membuat slime yang lebih aman dan mudah. Oh ya, jika diperhatikan, di cara membuat slime clear, ada yang namanya slime activator.

Cara membuat slime activator
Kamu pasti penasaran apa itu slime activator? Slime activator adalah bahan tambahan dalam membuat slime, meski tidak semua slime membutuhkannya.

Cara Membuat Slime Activator
Bahan yang diperlukan:
Air
Gom
Cara membuat slime activator:

Masukkan GOM dalam wadah (botol kaca kecil)
Tambahkan air. Tutup wadah lalu kocok hingga tercampur rata
Mudah bukan cara membuat slime activator? Sekarang Sahabat Dream punya mainan lucu yang bisa diremas-remas saat emosi tak tertahankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

desaincatrumah.com carstren.com urumahminimalis.com dpbbmbaru.com baktikita.com lensarumah.com dpbergerak.xyz contohrumah.com tokobahan.xyz caraceks.xyz hargaonline.xyz caratips.xyz suaraxburung.xyz situsresep.xyz dplucu.xyz carahp.xyz postekno.com